SOFTWARE AKUNTANSI INDONESIA

  Sebagian besar perusahaan perangkat lunak akuntansi menawarkan uji coba gratis. (Standar industri biasanya 30 hari atau satu bulan gratis.) Pastikan untuk membaca ketentuan yang tertera saat Anda mendaftar: Beberapa perangkat lunak mengharuskan Anda memasukkan kartu kredit yang akan ditagih secara otomatis jika Anda tidak membatalkannya pada tanggal tertentu.

  Solusi akuntansi tingkat perusahaan cenderung tidak menawarkan uji coba gratis. Sebaliknya, pihak yang berminat harus menjadwalkan demo gratis dengan perwakilan penjualan. Selama demo, Anda akan dapat mengajukan pertanyaan spesifik tentang bagaimana perangkat lunak tersebut dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda.

  Namun, penting untuk diingat bahwa kebutuhan perangkat lunak keuangan bisnis Anda akan berubah seiring waktu. Jika perangkat lunak akuntansi Anda saat ini sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan Anda, Anda selalu dapat beralih ke penyedia lain yang fiturnya lebih sesuai dengan jalur pertumbuhan Anda.

  Intuit QuickBooks Online adalah salah satu layanan perangkat lunak akuntansi berbasis cloud terpopuler yang digunakan oleh bisnis skala kecil, menengah, dan besar di seluruh dunia. Solusi akuntansi berbasis cloud populer lainnya termasuk Sage Intacct, Xero, FreshBooks, NetSuite, dan Zoho Books.

  Zoho Books adalah salah satu solusi akuntansi yang paling lengkap dan dapat diskalakan untuk bisnis kecil. Buku besar dan bagan akunnya ideal untuk pemilik bisnis kecil yang baru mengenal pembukuan, dan menawarkan cukup banyak paket untuk mendukung bisnis yang berkembang dari perusahaan rintisan hingga perusahaan multi-entitas.

  Namun, perangkat lunak akuntansi terbaik untuk bisnis Anda bergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Meskipun Zoho Books mungkin cocok untuk perusahaan lain, program akuntansi ideal Anda mungkin berupa solusi mendalam seperti Sage Intacct atau perangkat gratis seperti Wave.

  Kylie McQuarrie telah menulis tentang bisnis kecil, penggajian, dan keuangan selama sepuluh tahun. Sambil menyelesaikan gelar masternya dalam bahasa Inggris, ia juga mengajarkan tulisannya kepada bisnis kecil yang kesulitan menjangkau pelanggan di Kanada, AS, dan Australia. Sejak saat itu, ia menekuni karier menulis profesional dengan fokus pada penggajian dan akuntansi bisnis.

  Mengelola keuangan bisnis adalah pekerjaan yang menantang dan menyita waktu, terutama bagi pemilik usaha kecil yang harus mengerjakan semuanya sendiri. Selain itu, tidak ada dua bisnis yang memiliki kebutuhan akuntansi yang sama. PCMag telah menguji dan menilai perangkat lunak akuntansi selama lebih dari 20 tahun. Di sini, kami mengevaluasi aplikasi akuntansi terbaik untuk bisnis kecil berdasarkan kemudahan penggunaan, kemampuan, dan biayanya. Dua produk menonjol sebagai pemenang Pilihan Editor: FreshBooks untuk bisnis berbasis layanan atau mereka yang memiliki kebutuhan pelacakan produk sederhana, dan Intuit QuickBooks Online untuk UKM dengan persyaratan akuntansi yang lebih rumit. Pastikan untuk membaca ulasan mendalam kami tentang semua aplikasi akuntansi bisnis kecil di bawah ini dan gulir melewati daftar untuk ikhtisar tentang semua yang harus Anda ketahui tentang memilih perangkat lunak terbaik untuk Anda.

  Delapan aplikasi akuntansi usaha kecil mendapat skor cukup tinggi untuk masuk dalam daftar ini. Solopreneur ($20 per bulan) menargetkan pemilik tunggal seperti pekerja lepas dan kontraktor independen, sementara Wave Pro ($16 per bulan) yang lebih canggih dapat menangani usaha yang sangat kecil dengan karyawan. Enam aplikasi lainnya lebih mahal ($30 hingga $99 per bulan), kaya fitur, dan dapat disesuaikan. Aplikasi ini menargetkan usaha kecil yang lebih besar yang mungkin memiliki beberapa karyawan. Masing-masing memiliki beberapa tingkatan layanan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang bervariasi dalam ukuran dan kompleksitas.

  Pembukuan keuangan itu rumit dan menyita waktu. Pemilik bisnis merasa cukup sulit untuk melakukan hal-hal mendasar—membayar tagihan dan melacak pendapatan yang masuk—apalagi menjawab pertanyaan penting seperti, "Apakah kita menguntungkan, dan mengapa atau mengapa tidak?" Apakah kita akan memiliki cukup uang untuk melakukan pembayaran pajak yang diwajibkan tepat waktu? Haruskah kita berinvestasi pada peralatan baru? Apakah kita perlu mencari pembiayaan? Dapatkah staf yang tepat mengakses data akuntansi Anda jika mereka harus bekerja dari rumah?

  Layanan akuntansi bisnis kecil yang baik memberi Anda informasi yang membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini berdasarkan masukan yang Anda berikan. Setelah Anda mengisi layanan dengan rincian tentang akun keuangan, pelanggan dan vendor, serta produk atau layanan yang Anda beli dan jual, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk membuat transaksi yang akan menagih pelanggan, membayar tagihan, dan melacak pembayaran yang masuk. Alat pencarian instan dan laporan yang dapat disesuaikan membantu Anda melacak detail terkecil dan melihat ikhtisar tentang kinerja bisnis Anda. Aplikasi seluler dan situs web memberi Anda akses ke keuangan Anda dari mana pun Anda berada.

  Bergantung pada berapa lama bisnis Anda telah beroperasi, memulai layanan akuntansi bisnis kecil dapat memakan waktu mulai dari lima menit hingga beberapa jam setelah Anda mendaftar akun. Sebagian besar menawarkan uji coba gratis atau akun demo, dan hanya mengenakan biaya berlangganan bulanan setelah Anda siap berkomitmen. Secara umum, semakin banyak yang Anda butuhkan dari suatu layanan akuntansi, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkannya dan semakin tinggi pembayaran bulanannya.

  Penyiapan awal melibatkan pembuatan akun dan menjawab pertanyaan tentang jenis bisnis dan tahun fiskal Anda. Beberapa aplikasi mendorong Anda untuk memasukkan catatan atau membuat transaksi untuk memulai. Sebaiknya Anda juga menelusuri pengaturan perangkat lunak akuntansi. Misalnya, apakah Anda berencana untuk menggunakan fitur tertentu seperti pelacakan inventaris dan pesanan pembelian? Anda biasanya dapat mengaktifkan atau menonaktifkan alat, yang dapat membantu Anda menyederhanakan antarmuka pengguna atau memaksimalkan fungsinya.

  Berikutnya, Anda harus memutuskan apakah Anda ingin mengakses transaksi dari akun keuangan daring Anda (giro, kartu kredit, dan sebagainya). Setelah Anda memasukkan kredensial login untuk akun tersebut, perangkat lunak akan mengimpor transaksi terkini (biasanya selama 90 hari) dan menambahkannya ke register daring. Proses ini tidak semudah di masa lalu. Bank telah memperketat keamanan mereka (yang merupakan hal yang baik), jadi Anda mungkin harus melewati beberapa rintangan untuk terhubung. Terkadang, koneksi terputus, sehingga Anda harus mengaturnya lagi.

  Apakah Anda ingin agar pelanggan dapat membayar dengan kartu kredit dan penarikan uang melalui bank? Jika demikian, Anda perlu mendaftar dengan pemroses pembayaran seperti PayPal atau Stripe. Tentu saja, layanan ini melibatkan pembayaran biaya transaksi yang dapat sedikit berbeda dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

  Anda dapat melakukan pengaturan minimal lalu mulai menerima pembayaran, membuat faktur, dan membayar tagihan. Semua layanan akuntansi yang kami ulas memungkinkan Anda menambahkan pelanggan, produk, dan vendor selama proses penyelesaian transaksi. Anda tetap perlu melakukan ini saat Anda berkembang dan menambah basis data kontak dan produk/layanan Anda. Anda harus memutuskan apakah Anda ingin meluangkan waktu di awal untuk membuat catatan atau meluangkan waktu saat Anda sedang mengerjakan formulir pembelian atau penjualan.

  Sebagian besar layanan akuntansi bisnis kecil juga menawarkan opsi untuk mengimpor daftar yang ada dari file CSV dan XLS, tetapi konfigurasi daftar Anda kemungkinan besar tidak akan sama persis dengan aplikasi Anda. Namun, Anda tetap dapat mengubah bidang yang disertakan dalam daftar Anda.

  Setelah Anda mulai memasukkan catatan dan transaksi, dasbor aplikasi Anda akan menampilkan data Anda. Halaman-halaman ini menampilkan ikhtisar informasi keuangan secara langsung yang perlu Anda lihat secara berkala, termasuk saldo akun, bagan yang membandingkan pendapatan dan pengeluaran, serta faktur dan tagihan yang memerlukan perhatian segera. Halaman-halaman ini bersifat interaktif, artinya ada banyak tautan ke halaman terkait tempat Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut dan mengambil tindakan.

  Wave (yang dimiliki oleh H&R Block) dulunya merupakan solusi akuntansi gratis terbaik. Perusahaan telah membagi aplikasi tersebut menjadi dua versi. Wave Starter gratis tetapi tidak menyertakan beberapa fitur yang paling berguna, seperti kemampuan untuk mengimpor transaksi dari lembaga keuangan Anda. Aplikasi ini juga mengenakan biaya $8 per bulan jika Anda menginginkan kemampuan untuk memindai dan mengunggah tanda terima pengeluaran, sebuah fitur yang ditawarkan oleh aplikasi akuntansi bisnis kecil lainnya secara gratis. Wave Pro seharga $16 per bulan, dan aplikasi ini berisi semua alat aplikasi (termasuk mengunggah tanda terima yang dipindai). Jika Anda memerlukan layanan pembayaran dan perangkat lunak penggajian, layanan tersebut dikenakan biaya tambahan, seperti yang selalu terjadi pada Wave.

Software Akuntansi Indonesia

  Zoho Books memiliki versi gratis yang sangat tangguh. Ini adalah pilihan yang sangat baik jika Anda sudah menggunakan perangkat lunak Zoho lainnya atau bisnis Anda siap berkembang karena mudah ditingkatkan. Fitur versi gratisnya meliputi manajemen klien, pelacakan biaya dan jarak tempuh, faktur multibahasa dan berulang, pembayaran online dan pengingat pembayaran otomatis, serta laporan. Anda dapat mengimpor laporan bank dan kartu kredit tetapi tidak dapat mengatur koneksi langsung ke lembaga keuangan Anda.

  IRS terus memperluas program Direct File, yang memungkinkan Anda mengajukan pengembalian pajak federal secara gratis jika Anda tinggal di salah satu dari 24 negara bagian yang saat ini didukungnya. Kunjungi halaman ini untuk melihat apakah negara bagian Anda ada dalam daftar untuk tahun pajak 2024 dan untuk mempelajari tentang pendapatan, potongan, dan kredit yang didukungnya. Anda juga dapat berlangganan buletin Direct File. Kami belum dapat menguji opsi gratis ini.

  Direct File berbeda dari program IRS Free File, yang merupakan kemitraan antara IRS dan mitra perangkat lunak komersial tepercaya. Program ini telah ada selama bertahun-tahun. Jika Anda memenuhi persyaratan kelayakan tertentu seperti AGI, Anda mungkin dapat mengajukan pengembalian pajak federal dan negara bagian secara gratis menggunakan salah satu situs web mitra. Nantikan informasi lebih lanjut tentang program Free File untuk tahun pajak 2024.

  Akuntansi bisa jadi rumit, dan pekerjaan Anda harus selalu akurat untuk menghindari masalah dengan pelanggan dan vendor, pajak penghasilan, dan laporan. Perusahaan yang membuat perangkat lunak akuntansi untuk usaha kecil telah bekerja keras untuk membuatnya sesederhana dan semenyenangkan mungkin. FreshBooks, Solopreneur, dan Wave adalah beberapa program akuntansi yang paling mudah digunakan.

  Profesional akuntansi gemar menggunakan istilah seperti "piutang usaha" dan "hutang usaha" untuk menggambarkan elemen utama akuntansi: mencatat dan melacak pengeluaran, pendapatan, pembelian, dan penjualan. FreshBooks dan QuickBooks Online masih dapat dipahami jika Anda tidak menggunakan terminologi tersebut karena keduanya jarang menggunakannya.

  Membuat catatan bisa jadi pekerjaan yang membosankan, tetapi Anda akan berterima kasih kepada diri sendiri nanti saat Anda tidak perlu berhenti di tengah transaksi untuk menambahkannya. Beberapa aplikasi memungkinkan Anda menyertakan lebih dari sekadar detail kontak dasar dalam catatan kontak mereka (tanggal "pelanggan sejak", ulang tahun, dan bidang serupa lainnya), yang dapat membantu saat Anda mengembangkan dan memelihara hubungan dengan mereka. Anda melakukan hal yang sama untuk produk dan layanan yang Anda beli dan jual, sehingga Anda dapat menambahkannya dengan mudah ke transaksi.

  Salah satu hal hebat tentang penggunaan perangkat lunak akuntansi usaha kecil adalah mengurangi entri data berulang. Setelah Anda mengisi bagian yang kosong untuk membuat catatan pelanggan, misalnya, Anda tidak perlu lagi mencari kode pos tersebut. Situs menyediakan daftar drop-down pelanggan di mana pun mereka dibutuhkan, terutama dalam transaksi. Hal yang sama berlaku untuk karyawan, barang, layanan, dan vendor. Catatan yang telah selesai mendapatkan halaman khusus tempat Anda dapat mengakses informasi terkait seperti aktivitas historis.

  Template catatan bervariasi dalam hal kerumitan, jadi Anda perlu memahami perbedaannya sebelum menggunakan satu layanan akuntansi atau yang lain. Beberapa, seperti Patriot Software Accounting, mendukung catatan produk yang sederhana dan deskriptif. Yang lain, seperti QuickBooks Online, melakukan lebih banyak hal, seperti menanyakan berapa banyak setiap produk yang Anda miliki dalam inventaris saat Anda membuat catatan dan pada titik mana catatan tersebut akan mengingatkan Anda untuk memesan ulang. Mereka secara aktif melacak tingkat inventaris, yang memberikan wawasan tentang pola penjualan dan mencegah Anda kehabisan stok.

  Tagihan, estimasi, dan faktur adalah jenis transaksi paling umum yang dibutuhkan bisnis kecil; sebagian besar layanan yang kami ulas mendukungnya. Xero dan Zoho Books melangkah lebih jauh dengan memungkinkan Anda membuat formulir yang lebih canggih, seperti nota kredit, pesanan pembelian, tanda terima penjualan, dan laporan. Mereka juga menyediakan templat untuk formulir tersebut. Yang harus Anda lakukan adalah mengisi bagian yang kosong dan memilih dari daftar variabel seperti pelanggan dan item.

  Setelah Anda menyelesaikan faktur, Anda memiliki beberapa pilihan. Anda dapat menyimpannya sebagai draf atau versi final dan mencetaknya atau mengirimkannya melalui email. Jika Anda melakukan yang terakhir dan telah menjalin hubungan dengan pemroses pembayaran, maka faktur Anda dapat berisi rintisan yang menjelaskan bagaimana pelanggan dapat mengembalikan pembayaran melalui kartu kredit atau penarikan bank. Terkadang Anda dapat membuat versi PDF dari faktur, menyalinnya, mencatat pembayaran di dalamnya, dan mengaturnya agar berulang pada jadwal yang teratur.

  Layanan akuntansi memberikan perhatian khusus pada pengeluaran perusahaan Anda—bukan tagihan yang Anda masukkan dan bayar (meskipun sebagian besar mendukung hal ini), melainkan pembelian lain yang Anda lakukan. Ini adalah area keuangan Anda yang dapat dengan mudah lepas kendali jika Anda tidak memantaunya.

  Jika Anda memiliki pengeluaran di jalan, Anda biasanya dapat mengambil gambar kwitansi dengan ponsel pintar dan mengunggahnya ke aplikasi akuntansi Anda. Beberapa layanan akuntansi melampirkan kwitansi ini ke formulir pengeluaran. Layanan lain, seperti QuickBooks Online dan Xero, membaca kwitansi dan mengekstrak beberapa datanya (seperti jumlah, tanggal, dan vendor) ke formulir pengeluaran menggunakan teknologi pengenalan karakter optik (OCR).

  Pekerjaan akuntansi harian biasanya meliputi pembayaran tagihan, pencatatan pembayaran, dan pengiriman faktur. Namun, Anda juga perlu memantau aktivitas bank dan kartu kredit Anda dengan saksama. Jika Anda telah menghubungkan akun keuangan Anda ke situs akuntansi, maka hal itu mudah dilakukan. Saldo biasanya muncul di dasbor aplikasi. Anda juga dapat melihat daftar daring setiap akun, yang berisi transaksi yang telah dicairkan oleh bank Anda dan masuk ke aplikasi akuntansi Anda (bersama dengan transaksi yang telah Anda masukkan secara manual).

  Anda dapat melakukan banyak hal dengan transaksi ini setelah muncul dalam daftar. Pertama, Anda harus menetapkan kategori untuk transaksi tersebut, seperti biaya kantor, perjalanan, dan utilitas. Dengan begitu, Anda tahu dari mana uang Anda berasal dan ke mana uang Anda pergi. Setiap solusi akuntansi mencoba mengkategorikan secara otomatis setidaknya beberapa transaksi. Anda dapat mengubahnya jika transaksi tersebut salah. Kategorisasi yang cermat memberi Anda laporan dan pengembalian pajak penghasilan yang lebih akurat.

  Anda juga dapat mencocokkan transaksi terkait, seperti faktur dan pembayaran terkait. Sekali lagi, beberapa layanan akuntansi membuat tebakan yang tepat di sini. Anda juga dapat membuat catatan, membagi transaksi yang harus ditetapkan ke beberapa kategori, dan merekonsiliasi akun Anda dengan laporan bank dan kartu kredit Anda.

  Laporan adalah hadiah bagi Anda karena terus melakukan akuntansi harian dan melakukannya dengan benar. Setiap layanan akuntansi bisnis kecil memiliki templat untuk berbagai jenis keluaran yang berwawasan. Anda memilih satu, menyesuaikannya dengan opsi filter dan tampilan, dan membiarkan perangkat lunak menuangkan data perusahaan Anda ke dalamnya. Hanya butuh beberapa detik untuk membuat laporan.

إرسال تعليق

أحدث أقدم